Saturday, October 2, 2010

KARUNIA DALAM PELAYANAN

Saya sedang mencari info tentang manifestasi roh... ketika saya menjumpai bahan
ini juga. Nampak menarik tetapi saya belum sempat membaca sepenuhnya.
Terima kasih buat hamba Kristus yang sudi kongsi berkat info ini dalam talian..Kelima karunia pelayanan yang berlain-lainan ini terdapat didalam diri Yesus, tetapi tidak semua orang dipanggil untuk karunia-karunia ini. Dan karunia-karunia ini disebut juga pelayanan 5 jabatan. Tujuan dari karunia-karunia ini adalah untuk melengkapi orang-orang kudus bagi pelayanan, pembangunan tubuh Kristus.
A. RASUL-RASUL
Rasul atau apolos adalah utusan/ wakil/ duta Eloim sendiri yang menerima perintah dan kuasa langsung dari sorga.
Pernyataan Rasul Paulus untuk dirirnya sendiri:

1 Kor 1:1 Dari Paulus, yang oleh kehendak Eloim dipanggil menjadi rasul Kristus Yesus, dari Sostenes, saudara kita.
Gal 1:1 Drai Paulus, seorang rasul, bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia, melainkan oleh Yesus Kristus dan Eloim, Bapa, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati.
Ef 1:1 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Eloim, kepada orang-orang kudus di Efesus, orang-orang percaya dalam Kristus Yesus.
2 Tim 1:1 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Eloim untuk memberitakan janji tentang hidup dalam Kristus Yesus

Seorang rasul harus bisa memastikan bahwa ia benar-benar diperintahkan dan diutus oleh Tuhan sendiri untutk pergi merintis. Seorang rasul harus setia di dalam tugasnya dan mengerjakan sampai selesai, seperti Tuhan Yesus yang adalah rasul tertinggi (Ibr 3:1). Dia setia melakukan segala perkara yang dipercayakan Bapa-Nya, bahkan setia sampai mayti di salib. Seorang rasul dapat ditarik kembali dan diganti dengan lalinnya seperti yang terjadi dengan Yudas Iskariot.
Ibr 3:1 Sebab itu, hai saudara-saudara yang kudus, yang mendapat bagian dalam panggilan sorgawi, pandanglah kepada Rasul dan Imam Besar yang kita akui, yaitu Yesus.
Apa tugas/ Pekerjaan Rasul?
1. Diuts kemana-mana untuk meneguhkan/ membangun gereja Tuhan di atas dasar pengajaran yang benar, ialah di atas dasar para rasul dan para nabi dengan Kristus sebagai batu penjuru.
Ef 2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.
Contoh kehidupan rasul Paulus

Gal 2:19-20 Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Eloim. Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun akau hidup, tetapi bukan aku sendiri yang hidup melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang ini di dalam daging, adalah hidup oleh iman kepada Anak Eloim yag telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
2. Mengajar setiap pengajaran dan peraturan dan hukum-hukum dengan teliti dan setia.
3. Mengajar dan mealyani dengan setia dengan kuasa supernatural yang disertai mujizat dan tanda-tanda heran.
Bagaimana menjadi rasul atau dikenal sebagai rasul yang hidupnya takut akan Tuhan?
1. Memiliki panggilan khusus dan harus diteguhkan oleh yang lain.

2. Memiliki pengetahuan yang cermat/teliti di dalam Firman Tuhan, karena harus bisa berkhotbah, mengajar, menggembalakan dan melakukan perkara-perkara supernatural, pokoknya kelima karunia ada di dalam dia.

3. Harus dilatih bertahun-tahun sampai memiliki kematangan dalam pelayanannya.Harus peka akan pimpinan Roh Kudus.

4. Dilatih supaya tahan uji, tidak mudah menyerah kepada keadaan dan harus berani mendobarak semua penghalang-penghalang dengan hikmat Tuhan.

5. Setia melakukan tugasnya dengan rapi sampai selesai.

6. Harus diutus oleh Tuhan, jadi bukan ke sana ke mari seenaknya saja (semau gue)

7. Harus memiliki juga karunia nabi, penginjil, gembala, pengajar di dalam diriny; artinya cekatan dalam segala bidang.
Satu hal yang penting adalah harus orang lain yang meneguhkan kedudukannya sebagai seorang rasul atau nabi. Bukan dirinya sendiri yang menggebar-gemborkan akan kedudukannya. Kalau ada yang menunjuk dirinya sendiri sebagai Rasul, pasti bukan dari Roh Tuhan tetapi roh sihir.
B. NABI

Nabi = Raba = meluap (Firman TUhan datang meluap-luap seperti turunnya hujan). Dalam bahasa Gerika: Proheteno = menyatakan atau meramalkan. Mari kita belajar dari Firman Tuhan.
Yes 42:9 NUbuat-nubuat yang dahulu sekarang sudah menjadi kenyataan, hal-hal yang baru hendak Kuberitahukan. Sebelum hal-hal itu muncul, Aku akan mengabarkan kepadamu.



Ibr 1:1 Setelah pada zaman dahulu Eloim berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi.
Seorang nabi memiliki panggilan khusus. Ia berbicara atas nama Tuhan melalui Ilham dari Roh Kudus seperti yang ditulis dalam
2 Pet 1:21 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kududs, orang-orang berbicara atas nama Eloim.
Karunia nubuat bekerja terus menerus di dalam hidupnya untuk membangun, menasehati serta menghibur umat Eloim. Karena ia memiliki hubungan yag sangat dekat dengan Tuhan secara supernatural, maka ia dapat mengetahui isi hati dan pikiran Tuhan (1 Kor 2:9-16). Karena itu ia mampu untuk memimpin umat Eloim yang dipercayakan kepada-Nya dengan Rhema dari sorga.
1 Kor 2:9-11,16 Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah di dengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Eloim untuk mereka yang mengasihi Dia." Karena kepada kita, ELoim telah menyatakan oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Eloim. Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam dirir manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikianlah pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Eloim selain Roh Eloim. Sebab: "Siapakah yangmengetahui pikiran YAHWE, sehingga ia dapat menasehati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.
Tubuh Kristus tanpa nabi-nabi akan seperti orang yang tanpa mata dan telinga. Tetapi untuk menjadi seorang nabi, orang itu harus bisa mengontrol dirinya dan hidup di dalam kekududsan dan kemurnian Eloim. Dan berani mengijinkan dirinya, dinilai orang lain. Di dalam sebuiah sidang, kalau ada pesan-pesan Tuhan yang harus disampaikan maka semuanya harus tertib seperti yang tertulis dalam
1 Kor 14:29-33 Tentang nabi-nabi - baiklah dua atau tiga orang di antaranya berkata-kata dan yang lain menanggapi apa yang mereka katakan. Tetapi jika seorang lain yang duduk di situ mendapat pernyataan, maka yang pertama itu harus berdiam diri. Sebab kamu semua boleh bernubuat seorang demi seorang, sehingga kamu semua dapat belajar dan beroleh kekuatan. Karunia nabi takluk kepada nabi-nabi. Sebab Eloim tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera.
C. PENGINJIL
Penginjil = Evangelino = Mengumumkan/memberitahukan kabar baik
Luk 4:18-19 "Roh Tuhan ada pada-Ku,oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membenaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat YAHWE telah datang."

Seseorang yang menyampaikan kabar baik dimana-mana untuk mengumpulkan ynag terhilang dna membawa mereka kembali kepada Bapa. Dia melayani kepada pribadi-pribadi (perorangan), juga melayani secara umum, digereja-gereja/tempat-tempat terbuka.Dan selalu berjalan dengan kuasa Roh Kudus,melayani dan mendoakan orang-orang dengan kuasa supernatural, sehingga banyak terjadi tanda-tanda heran dan mujizat-mujizat. Dia juga dapat mengajar orang lain untuk masuk dalam penginjilan.

D. GEMBALA

Dalam bahasa Yunani = Paimen = Bapa

Seorang Gembala sama dengan seorang bapa yang hidup di tengah-tengah kawana domba(anak-anaknya) untuk memberi makan, memperhatikan, mengasuh, melindungi, dan memimpin mereka. Yang hilang akan dicari, yang sesat dibawa pulang, yang luka dibalut, yang sakit dikuatkan (Yeh 34:11-16). Seperti Tuhan Yesus yang mengatakan: "Aku mengenal domba-domba-Ku dan mereka mengenal Aku."
Yeh 34:11-16 Sebab beginilah Firman Tuhan YAHWE. Dengan sesungguhnya Aku sendiri akan memperhatikan domba-domba-Ku dan akan mencarinya. Seperti seorang gembala mencari dombanya pada waktu domba itu tercerai dari kawanan dombanya, begitulah Aku akan mencari domba-domba-Ku dan Aku akan menyelamatkan mereka dari segala tempat,kemana mereka diserahkan pada hari berkabut dan harii kegelapan. Aku akan membawa mereka keluar dari tengah bengsa-bangsa dan akan mengumpulkan mereka dari negeri-negeri dan membawa mereka ke tanahnya; Aku akan menggembalakan mereka di atas gunung-gunung Israel, di alur-alur sungainya dan di semua tempat kediaman orang di tanh itu. Di padang rumput yang baik akan Kugembalakan mereka dan di atas gunung-gunug Israel yang tinggi di situlah tempat pengembalaannya; disana tempat penggembalaan yang baik mereka akan berbaring dan rumput yang subur menjai makanannya di atas gunung-gunung Israel. Aku sendiri akan mengembalakan domba-domba-Ku dan Aku akan membiarkan mereka berbaring, demikianlah Firman Tuhan YAHWE. Yang hilang akan Kucari, yag tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya.
Yoh 10:14-15 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.
Setiap gembala mengenal domba-dombanya tidak saja waktu mereka berkumpul di gereja pada hari minggu tetapi dia melayani setiap hari dalam kebutuhan-kebutuhan mereka dan dia berbicara kepada mereka setiap saat serta membagikan visis dan rencana Eloim di dalam diri mereka masing-masing untuk membangkitkan semangat hidup mereka di dalam Tuhan.
Perbedaan antara seorang pemimpin dan gembala
Pemimpin mengatur suatu pekerjaan, lalu memberikan perintah kepada orang lain untuk mengerjakannya.

Tetapi seorang Gembala memberikan hidup untuk memelihara dan melindungi domba-dombanya dari serangan-seranganbinatang buas (seperti Daud)
Syarat Menjadi Gembala:

1. Harus memiliki kemampuan untuk memipin,melindungi,merawat mereka yang sakit dan terancam bahaya.

2. Harus dapat berjalan bersam-sama dengan umat Tuhan di atas semua jalan Tuhan dan bisa memberi makan (jasmani-rohani) kepada domba-domba.

3. Harus selalu hidup di dalam Roh dengan berdoa puasa dan rajin membaca dan mempelajari Firman Tuhan.

4. Harus sabar dan penuh kasih, tida menempatkan diri lebih tinggi dari mereka, tetapi merendahkan dirinya, menjadi sahabat mereka yang dipimpinnya.

5. Bersedia menyerahkan nyawanya bagi domba-dombanya dan hidup menjadi teladan bagisemua orang.
Tugas seorang gembala:

1. Mencari domba-domba yang hilang dan yang sesat dibawa pulang, memelihara, memperhatikan dan melindungi serta memimpin mereka.

2. Mengajar akan kebenaran Firman Tuhan dan mencegah masuknya pengajaran palsu/sesat.

3. Harus memperhatikan kebutuhan umat Eloim dan memenuhinya dengan pimpinan Roh Kudus

4. Pimpin mereka masuk ke dalam hidup yang benar, yang kudus dan yang takut akan Tuhan. Jangan sekali-kali menghasut hubungan mereka dengan sesamanya, juga dengan gembala-gembala lainnya.
D. PENGAJAR (GURU)
Guru bahasa Yunani = Didasko

Memnag setiap orang dapat mengajar, tetapi seorang guru mempunyai kemampuan untuk melihat kebututhan-kebutuhan seseorang dan mereka mampu mengajarkan yang lebih dalam lagi, yang orang lain tidak sanggup.

Seorang guru perlu belajar dan perlu ada keterbukaan kepada guru-guru lain, seperti rasul Paulus yang mengajar Akwila dan Priskila dankemudian mereka mengajar Apolos yang berasal dari Alexandria. Apolos adalah seorang yang mahir dalam soal Kitab Suci tetapi hanya mengetahui baptisan Yohanes maka Akwila dan Priskila menjelaskan dan mengajarkan jalan Tuhan dengan teliti. Apolos menerima ajaran itu dengan rendah hati.

Dia belajar dan mengajarkan kembali apa yang sudah ia pelajari bahkan dengan lebih jelas dan lebih praktis. Dengan ini, ia menyukakan banyak orang dan mereka selau ingin belajar dari padanya. Dan Tuhan pun akan menambah-nambahkan hikamat dan marifat dalam mengajar. Amin!

Ada macam-macam pelayanan yang berbeda-beda di dalam tubuh Kristus, juga di dalam gereja. Tetapi sangat disayangkan banyak kali tidak berfungsi padahal berpotensi.
1 Pet 4:10 Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Eloim.
Berarti setiap orang percaya harus melayani, bagaimana melayani? Sesuai dengan karunianya masing-masing, oleh kasih karunia. Maksudnya kita tidak bisa dan tidak mampu melakukannya tetapi Tuhan yang memampukan.
Setelah kita mempelajari dengan panjang lebar tentang Roh Kudus dan pekerjaan-Nya serta karunia-karunia yang ada, apa yang akan saudara perbuat?

Maukah saudara memakai karunia-karunia saudara untuk melayani Tuhan dan umat-Nya? Tetapi, sebelum kita terjun dalam pelayanan, baiklah kita sadar bahwa kita mempunyai "BOSS" dan nama-Nya Yesus Kristus,supaya kita tidak bertindak sendiri tetapi dipimpin oleh-Nya.Amin?

No comments: